Plat Nomor Dicopot Demi Pasang Strobo, Hadeuh




Macantua.com – Modifikasi semakin aneh saja ya sob. Ga hanya anak muda saja yang doyan modifikasi. Motor yang dipakai kerja ngider cari uang juga dimodifikasi. Anehnya modifikasi sering kali mengabaikan aturan dan perundangan yang berlaku. Seperti penggunaan plat nomor yang diwajibkan bagi setiap kendaraan yang digunakan melintas di jalanan. Demi sebuah strobo, plat nomor malahan dilepas? Hadeuh….

Coba kamu perhatikan Video dari autonetmagz di bawah ini :

any comments?? . . follow >>> @MotonetMagz #MotonetMagz

A post shared by AutonetMagz (@autonetmagz) on

TNKB adalah tanda registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor berupa pelat atau berbahan lain dengan spefikasi tertentu yang diterbitkan Polri dan berisikan kode wilayah, nomor registrasi, serta masa berlaku dan dipasang pada kendaraan bermotor. So, motor tanpa TNKB atau plat nomor bisa dianggap motor tersebut tidak teregistrasi dan ga punya hak legitimasi untuk digunakan di jalan raya. Jangankan untuk mencopotnya dan mengganti denganaksesories lain, mengubah bentuk dan ukuran plat nomor pun dianggap melanggar undang undang lho sob. Lalu bagaimana pelanggaran lalulintas dari perubahan plat nomor? nih coba baca bentuk pelanggarannya :

1. TNKB yang hurufnya diatur, angka diubah supaya terbaca/angka diarahkan ke belakang sehingga terbaca nama.

2. TNKB yang hurufnya diubah seperti huruf digital.

3. TNKB ditempel stiker/logo/lambang kesatuan/instansi yang terbuat dari plastik/logam/kuningan pada kendaraan pribadi, seolah-olah pejabat.

4. TNKB yang menggunakan huruf miring dan huruf timbul.

5. TNKB yang dibuat di luar ukuran (terlalu besar/terlalu kecil).

6. TNKB diubah warna/doff dan ditutup mika sehingga warna berubah.

7. TNKB yang huruf angkanya sebagian ditebalkan dan sebagian dihapus dengan cat piloks sehingga nomor asli tersamar warna catnya, sulit untuk dibaca.

Plat nomor cantik

Nah lho, yang diotak atik tidak sesuai aslinya saja bisa dianggap pelanggaran sob,, apalagi melepas plat nomor? hehehehe Padahal kalau mau tau setiap kendaraan yang tidak dilengkapi plat nomor atau melakukan perubahan akan dikenakan ancaman pidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500ribu.

 

Last, masih mau copot plat nomor kendaraanmu? atau mau mengganti dengan strobo seperti driver ojek online di akun instagram di atas? mending tobat daaahhh…. Ciao

 

 
referensi : hukumonline.com
<







6 Comments

Leave a Reply