Hati Hati Buka Tutup Radiator Saat Mesin Panas, Bisa Wuzzzzz…





Macantua.com – Sebuah video di share sama om Teguh di group Motuba. Dia bercerita tentang kejadian yang dialaminya sabtu lalu. Sebuah kejadian yang bisa jadi pelajaran buat kita semua pengguna kendaraan dengan system pendinginan air. Jangan pernah membuka tutup radiator saat keadaan mesin panas. Bahaya sob!

Hati hati Radiatot Panas!!!!!! #radiator #overheat

A post shared by rajendra macantua.com (@razarajendra) on

”Ini Mbah, video kecerobohan saya. Ambil hikmahnya, sebenarnya sudah tau teorinya, biasanya jg bleeding saya buka pelan2 sampai tekanan uap air hilang. Tapi kemarin pas kesusu, g sabar, khilaf, ceroboh. Semoga bermanfaat utk yg lain.”

Kejadian ini terjadi saat om Teguh berniat mengecek air radiator dengan membuka radiator cap atau tutup radiator dan hasilnya wuuuzzzz air menyembur kencang mengenai tangan dan mukanya. Kondisi melepuh terjadi pada tangan kirinya. Beruntung muka beliau ga sampai ikutan kena air panas juga. Serem sob.

Jadikan pembelajaran saja buat semuanya, saat kendaraan over heat jangan terburu buru, sebaiknya tunggu mesin sampai dingin atau kalau terburu buru dan ingin membuka tutup radiator buka perlahan dengan cara menutup dengan handuk basah. Tapi ane sih menyarankan untuk tetap menunggu sampai mesin dingin sih. Beliau bilang ada faktit ga sabar sekaligus kesal karena mobilnya mengalami overheat.

Last, semoga jadi pembelajaran dan pengingat buat kita. Kalau mengalami overheat mending melipir, bakar rokok atau cari warung kopi terdekat. Biar ga kesel dan radiator bisa adem selama kita ngopi. Syukur syukur ada minimarket bisa dapet cemilan sekalian. Ingat sob, jangan buka tutup Radiator di saat panas. Bahaya

<







5 Comments

  1. Kl masih panas mau buka raditor itu biarkan mesin menyala..dijamin ga akan menyebur krn air masih bersirkulasi jd ga ada tekanannya..kl udah mesin panas trus dibuka tp mesin mati ya ceroboh itu namanya,hehe

    • ini cara yang bener
      nyalahin mesin dulu
      bukanya juga jgn lsg dilepas tapi kendorin dulu cek tekanan
      kalo uda ga ada perlawanan baru posisikan lalu angkat tutupnya
      trus pegangnya juga pake lap basah

  2. Kalo terpaksa untuk buka cap radiator, buka nya pake kaki…sambil nginjek trus puter pelan, Tapi lbh baik pake cara yg lbh safety yaitu tunggu DINGIN !!

Leave a Reply