Ganti Ban Scoopy Lama Dengan Ring 12 Ternyata Bisa Sob! Ini Tips nya!




Macantua.com – Kelahiran All New Scoopy 2017 beberapa waktu lalu memang langsung membius para pecinta skutik bergaya retro. Bahkan sebelum peluncuran secara resmi pun motor sudah banyak didistribusikan ke dealer dealer. Seperti di Jawa Barat, launching belum tapi motornya sudah berkeliaran. Namun, banyak pertanyaan yang bikin greget, “bisa ga sih ban Scoopy 2017 yang 12 inchi masuk dipasang di Scoopy lama?”. Jawabannya Bisa! Tapi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Hehehehe. Yuk kita bahas.

Sebelumnya pertanyaan ini pernah dijawab dengan kata “TIDAK” oleh pihak Honda. Karena ada beberapa bagian motor yang memang berbeda secara dimensi dan bentuk. Namun bukan orang Indonesia kalau ga jago “ngakalin”. Ane dapat informasi soal modifikasi simple ini dari blog nya om warungbiker. Beliau berhasil memodifikasi ban scoopy lama lansiran 2014 nya dengan ban ring 12 dari All New Scoopy 2017. Gimana ceritanya bisa sampai terpasang?

Mengganti ban belakang scoopy lama dengan ring 12 Scoopy 2017.

Untuk penggantian ban belakang Scoopy lama dengan ring 12 ternyata tidak mengalami banyak kendala sob. Posisi ban dengan part motor bawaan Scoopy lama masih bisa PnP alias Plug and Play. Tidak ditemukan bagian ban yang bergesekan dengan bagian motor seperti swing arm atau spakbor. Bahkan ukuran as, ulir dan bautnya plek sama. Jadi ga pusing deh. Hasilnya kamu bisa lihat gambar di atas makin terlihat semok dah Scoopy lama dengan Ring 12.

 

Mengganti ban depan scoopy lama dengan ring 12 Scoopy 2017

Tantangan ditemui justru saat proses penggantian ban depan. Ukuran triple clamp Scoopy lama dan All New Scoopy 2017 yang berbeda dimensi mengharuskan sebuah penyesuaian. Terlihat posisi ban nampak menempel pada tabung shock breaker meski bushing tidak dipasang. Disini modifikator mesti melakukan penyesuaian dengan melakukan perubahan pada bagian bushing agar ban bisa dalam posisi “center”. Proses penyesuaian ini baiknya dilakukan di tukang bubut sob. Karena kepresisian dibutuhkan di sini. Oia bagian kedua yang mesti disesuaikan adalah bracket kaliper. Karena jiga tidak disesuaikan maka posisi cakram akan menggesek kaliper rem. Atau bahkan paitnya malah justru ga bisa dipasang tuh kalipernya.


Hasilnya? Mangga lihat gambar di atas. Scoopy lama tampil lebih maknyus dengan ring 12 milik All New Scoopy 2017. Mungkin ini bakalan jadi inspirasi buat para owner scoopy lama untuk merubahnya jadi lebih eye catching. Beda dari yang lain. Hehehehe… Sembako modif baru nih sob. Gimana? Minat?

Credit : warungbiker


<








2 Comments

Leave a Reply