Terobos Banjir, Mesin CBR250RR Ambyar!





Macantua.com – Air masuk ke ruang bakar? Serem sob efeknya… Material sehebat apapun kalau ruang bakar kemasukan air bisa terjadi water hammer. Saat air masuk ke ruang bakar dalam kuantitas banyak dan mesin masih dalam keadaan bekerja bisa berefek serem. Seperti CBR250RR milik Herman ini, water hammer menimpa motornya sesaat setelah menerjang banjir. ambyar…

Ane copas dari Mplus nih kronologinya :

“Ceritanya Herman menerabas banjir selutut, kemudian mesin mati,” terang Angga Kurniawan, pemilik bengkel Anjany Racing di Kebon Jeruk, Jakbar tempat Herman memperbaiki motor 2 silinder 250 cc ini.

“Setelah dibongkar ternyata air masuk ke mesin, ada di ruang bakar, throttle body dan tentu saja di boks filter. Dan itu setang piston bengkok dan piston pecah karena membentur crankshaft,” terang Sudirjo, mekanik Anjany Racing.

Sumber motorplus

Serem banget. Selidik punya selidik ternyata ketinggian banjir yang diterjang oleh Herman lumayan tinggi. Nah, berhubung CBR250RR dibekali air ram intake di bagian kanan dan kiri fairingnya dan air ram intake ini langsung bermuara pada air intake di belakang mesin yang menuju pada ruang bakar. So,air dari depan terdorong masuk ke dalam melalui jalur yang sejatinya didesain untuk supply udara tambahan. Hasilnya boom! Stang seher (connecting rod) dan piston ambyar.

Wah berarti CBR250RR ga bisa renang dong? Jawabannya iya. Motor balap kok buat renang wkwkwkwk. Tapi bukan itu maksud ane, Dengan material super kuat menahan kompresi diatas 20 seperti mesin diesel saja akan ambyar kalau mengalami yang namanya water hammer. Water hammer terjadi dikarenakan air yang masuk ditak bisa dikompresi saat mesin melakukan tekanan (ingat proses kompresi pada mesin) di ruang bakar. Yang akhirnya stang seher atau conrod dan piston yang harus menahan.

Last, waspada sama yang namanya water hammer. Mungkin untuk beberapa motor diklaim mampu berenang layaknya bebek. namun saran ane sih jangan main main, sekalinya water hammer jajannya banyak! Yah minimal biaya bongkar plus biaya tambahan belanja part seperti piston dan stang seher. Dan itu ga murah… Yah kecuali anda kaya. Tiati nerjang banjir sob… Kalau ane sih mending muter dari pada mesin ambyar. Ciao..
<








11 Comments

  1. banjir selutut itu ya tergantung lututnya siapa yg buat acuan, lututnya herman? atau lutut yang baca? tentu beda-beda tingginya….:-D Kalau banjirnya sudah setinggi 15cm amannya ya cari jalan lain.

  2. Mending kawasaki pulsar200ns ane dong dah ditesbanjir kelapagading bluefard masih sehat alhamdulilah padahal motor nyeportlho

Leave a Reply