3 Skutik Murah Under 125cc, Pilih Beat, Nex atau Dazz?




Macantua.com – Punya uang mepet memang membuat kita harus lebih selektif dan memilih sesuatu yang pas dengan kebutuhan. Begitu pula saat memilih motor matic entry level di bawah 125 cc yang harga, tenaga dan fiturnya rata rata mirip. Di sini ane bakal kasih 3 opsi untuk matic murah under 125 cc yakni Honda Beat, Suzuki Nex dan TVS Dazz. Kira kira dari ketiganya kamu pilih yang mana?

Nah untuk menkomparasi ketiganya kita bakal bahas dari 4 aspek yang berbeda yakni desain, fitur, mesin dan harga. Yuk kita
mulai :

Desain

Suzuki Nex baru tampil begitu elegan tanpa stiker dengan pilihan warna matt titanium silver, matt platinum silver dan matt black. Aura elegan yang Suzuki tawarkan ini mirip TVS Dazz yang juga punya balutan matt dengan satu warna saja, hitam. Perbedaannya hanya posisi lampu saja dimana Dazz headlampnya berada di stang sedangkan Nex ada di body layaknya Beat. Sedangkan Beat cenderung memberikan aura sport yang kental. Pilihan warnanya pun lebih beragam mulai dari techno blue white, dance white, hard rock black, garage black, funk red white, fusion magenta black, soul red dan electro blue white. Beat memiliki ground clearance lebih baik dibanding rival dengan 146 mm, sehingga lebih nyaman saat digunakan di jalan bergelombang. Sementara ground clearance Nex 135 mm dan Dazz paling rendah dengan 115 mm. Meski bedanya hanya sedikit namun bikin deg degan buat mereka yang hobi jalan diperkampungan yang cenderung tak rata.

Fitur

Di sisi ini Beat memang paling unggul. Honda membekali idling stop system (ISS), combi brake system (CBS), indikator eco dan stand switch yangbikin motor ga bisa dihidupkan kalau standar samping masih terbuka. TVS Dazz lebih unggul sedikit Nex, dimana Dazz dibekali power outlet yang setidaknya memberikan nilai lebih jika dbandingkan dengan NEX yang ala kadarnya.

Mesin

Pada bagian ini Nex ternyata jadi juaranya, Nex menggendong kapasitas yang terbesar dibandingkan saingannya, 113 cc SOHC 4-langkah. Sepertinya performanya paling baik jika dibandingkan dengan TVS Dazz dan Honda Beat. Sayangnya Suzuki tidak membeberkan perincian torsi dan tenaganya, sehingga tidak jelas kemampuan aslinya. Suzuki pun mengklaim mesinnya sangat irit dengan catatan 109,8 Kpl yang terekam melalui Rekor MURI pada 2011. Sedangkan Honda Beat dibekali mesin dengan kapasitas 108,2 cc sanggup memuntahkan torsi puncak 9,01 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 8,68 PS pada 7.500 rpm dengan konsumsi BBM sampai 63 Kpl. Dan TVS Dazz yang memiliki kubikasi 109,65 cc mampu menyemburkan torsi 8,7 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga maksimal 8,82 PS pada 7.500 rpm. Namun tak ada klaim untuk konsumsi bbmnya meski Dazz sudah menggunakan sistem injeksi layaknya Nex dan Beat.



Harga

Nah kini kita masuk area sensitif yakni harga, Suzuki Nex bisa dibilang menjadi skuik termurah yang dibanderol dengan harga Rp 12,6 juta (on the road Jakarta). Harganya tetap lebih murah dari brand India TVS Dazz yang banderolnya mencapai Rp 13,3 juta (on the road Jakarta). Sementara Honda Beat eSP dengan segudang fitur yang jadi raja skutik di Indonesia,punya harga paling mahal yakni Rp 15,175 juta – Rp 15,875 juta. Karena nama Honda memang melekat di hati masyarakat tentu saja selisih harganya ga bikin orang banyak berpikir, buktinya skutik ini tetap jadi motor terlaris setiap bulannya.

Last, balik lagi ke selera dan isi dompet deh ya, buat yang mau motor pekerja keras harga murah minim fitur kamu bisa pilih Suzuki Nex, atau TVS dazz, Tapi kalau memang nyarinya motor yang banyak di pasaran ya Beat lagi deh baliknya. Ciao

<







4 Comments

  1. Honda Beat donk, power gede, bisa galon in, helm in, merek terkenal secara Honda gitu lho, harga jual kembali tinggi, IRIT, KENCANG, bengkel banyak

Leave a Reply