Penjualan Export dan Lokal XMax 250 vs YZF R25, Matic Gambot Mulai Menggila!




Macantua.com – Matic gambot memang sedang jadi primadona di kelas motor premium. Ga hanya di Indonesia lho sob, Bahkan negeri lainnya juga sedang merasakan demam yang sama. Dan kini Yamaha sudah resmi memperkenalkan Xmax 250 untuk pasar lokal dan Xmax 300 terbaru untuk beberapa pasar Luar negeri, dimana Indonesia lewat PT. YIMM dipercaya menjadi exportir . Kita juga tau kalau YIMM dipercaya untuk membuat YZF R25 dan YZF R3 untuk pasar export. Kira kira kalau market lokal dan export Xmax 250 kita bandingkan dengan YZF R25 bagaimana ya hasilnya?

Nah ane coba rangkum hasil distribusi kedua produk YIMM tersebut pada bulan yang sama yakni bulan Mei 2017. Hasilnya sebagai berikut :

Export Lokal
Xmax 250 2838 713
YZF R25 1920 123

Kalau kita lihat data di atas, Xmax 250 menguasai pasar lokal pada bulan Mei dengan jumlah distribusi sebanyak 713 unit, sedangkan YZF R25 hanya mampu terdistribusi sebanyak 123 unit saja. ini berarti ada selisih sebanyak 590 unit diantara keduanya. Begitu juga pada sisi export dimana Xmax 250 mampu terdistribusi sebanyak 2838 unit, sedangkan YZF R25 hanya 1920 unit saja. Ini artinya pasar Xmax sudah bisa melewati demand dari YZF R25 bukan hanya di pasar lokal namun juga di pasar export. Padahal sebelumnya YZF R25 adalah produk andalan dari Yamaha untuk exportnya (katanya kipas kipas dolar dari sini).

Dari data di atas kita bisa lihat kalau market matic gambot Yamaha lebih menjanjikan bila dibandingkan dengan sport full fairing 250cc nya. Ada beberapa alasan memang kenapa matic gambotnya ini lebih menarik di mata konsumen baik lokal maupun export. Pertama adalah kenyamanan. Kenyamanan menggunakan matic gambot bis dibilang lebih advance bila dibandingkan dengan sport full fairing. Yang kedua adalah fitur. Ini adalah bagian dimana YZF R25 memang harus mengalah dari sang matic gambot, Coba deh kamu lirik sisi fitur Xmax 250 yang jauh lebih advance dibanding saudara full fairingnya ini. Sebut saja Traction Control yang sudah Yamaha benamkan pada matic gambot barunya ini, padahal di sisi power dan torsi jelas Xmax kalah, namun Yamaha justrumenyematkannya pada matic nya ini. belum lagi banyaknya fitur electronik dan non elektronik yang bisa bikin YZF R25 terlihat jadul bila dibandingkan secara langsung.

 

Hanya dari 2 sisi itu saja Xmax 250 sudah bisa jadi pilihan yang paling realistis tho? apalagi kalau kita bandingkan harganya tentu saja makin keder dibuatnya. 55 juta untuk semua teknologi advance yang tak tersedia pada YZF R25. So wajar kalau motor gambot 1 ini bisa menaklukkan saudaranya sendiri di pasar lokal maupun export. Sepertinya memang wajib ada pembaharuan produk deh buat YZF R25. Ya ga? Ciao.
<







Be the first to comment

Leave a Reply