Mudik Pakai Mobil Rental Alias Sewa? Check and Recheck Dulu Sob!




Macantua.com – Mudik, sepertinya sudah jadi sebuah budaya dan kebiasaan yang wajib dilakukan oleh orang Indonesia di saat hari raya Lebaran Idul Fitri datang. Nah namanya mudik alias balik kampung biasanya para pemudik ga cuma mau bersilaturahmi dengan handai taulan saja, tapi terkadang juga ingin punya waktu lebih banyak dan bisa berjalan jalan dengan keluarga di kampung. Ga aneh kalau biasanya yang mudik banyak yang memilih mengendarai mobil sendiri dibanding naik angkutan umum. Selain bisa lebih santai dalam perjalanan juga bisa bawa banyak barang bawaan tanpa harus sibuk menjinjing karena harus berpindah dari satu angkutan ke angkutan lainnya. Nah mobil ini biasanya memang punya sendiri atau bisa juga hasil menyewa atau bahasa kerennya rental. Namun ada yang perlu diperhatikan juga lho sob sebelum merental atau menyewa mobil buat mudik. Apa saja? Yuk kita bahas.

Yang pertama adalah jenis mobil, Nah jenis mobil biasanya berpengaruh sama kontur jalan dan juga kondisi geografis daerah tujuan kita. Misalnya, untuk tujuan mudik yang cebderung jalanan menanjak dan basah kamu bisa cari mobil yang punya penggerak roda belakang. Karena kelebihan penggerak roda belakang biasanya lebih enak buat dibawa naik naik karena sistem kerjanya yang dorong bukan tarik layaknya penggerak roda depan. Yah meski dibilang semuanya gimana skill, namun namanya mobil sewaan alias rental kan kita gatau kondisinya secara detail layaknya mobil pribadi kan.

Yang kedua adalah kondisi mobil, Usahakan mobil sewa yang kamu pilih adalah mobil dengan tahun rakitan muda alias belum berumur panjang. Tentu saja ini berpengaruh sama yang namanya kenyamanan berkendara. Dimana biasanya mobil dengan tahun rakitan lebih muda biasanya handling dan kaki kakinya masih dalam kondisi masih baik. So perjalanan kamu mudik dan balik akan cenderung lebih nyaman.

Yang ketiga adalah biaya rental. Nah ini dia yang biasanya jadi pilihan utama para pencari mobil rental, namun ane terpaksa meletakkannya di posisi nomor 3. Karena harga sewa mobil saat musim mudik biasanya naik sob, Naiknya juga lumayan lho. sekitar 200-250 ribu untuk per harinya. Dan biasanya harga sewa atau rental ini berbanding lurus dengan pelayanan dan kondisi mobil. Semakin murah ya tentu saja ada minusnya sob. Hitung juga biaya pengeluaran yang akan gunakan untuk merental, hitung berapa lama kamu akan pulang lengkap dengan perhitungan biaya tol dan bensin yang akan dihabiskan. So kamu ga akan tekor hehehehe

Selanjutnya, Cek kondisi mobil sebelum dibawa. Kalau bisa cek kondisinya bersama pernyewa mobilnya. Hal hal yang perlu di check adalah kondisi mesin, cek oli, air radiator , power steering dan juga yang tak kalah penting adalah fungsi fungsi elektronik seperti lampu utama, lampu sein dan lampu belakang serta AC. Cek juga perlengkapan lainnya seperti tool set dan ban cadangan bahkan kotak P3K. karena bisa saja kamu membutuhkannya saat nanti dalam perjalanan. Kalau semua sudah OK kamu terakhir bisa mengecek kondisi ban dan tekanan anginnya.

Last, mudik memang mengasikkan, namun jika kondisi mobil yang kita pakai mudik tidak siap ya nanti akan ada masalah di jalanan. Kalau penyedia rentalnya siapkan mobil back up, kalau engga  ya siap siap gigit jari. Atau kamu kalau gamau capek bisa sewa mobil lengkap dengan supirnya sob. Selamat prepare untuk mudik, ingat, jangan kebut kebutan ya sob, keluarga menanti di rumah. Ciao
<








Leave a Reply