Crankcase Jebol???? Ngeri Amat!!!




Nmax

Macantua.com – Jujur saja ane saat melihat postingan di salah satu group otomotif di facebook ini mengernyitkan dahi, sebuah kejadian yang sangat sangat jarang sekali terjadi. Mungkin 1ppm alias 1 part per milion kali ya kejadian ini terjadi kalau produk lainnya, tapi pas ane postingan lain yang mengalami kejadian serupa kok malah makin ngeri. Ga kebayang crankcase yang di dalam jajaran spare part saja masuk ke jajaran part yang hampir tak pernah diganti ini tiba tiba pecah saat motor sedang digunakan.

nmax

Kasus ini mungkin jadi kasus yang aneh, motor baru balik dari bengkel service tapi di jalan mengalami kendala. dan yang dapat kerusakan adalah barang yang jarang mengalami kerusakan. Bisa jadi ada baut lepas  yang masuk ke dalam mesin, yang akhirnya terlempar menghancurkan crank case. ini biasanya terjadi karena kecerobohan mekanik, tapi service ringan baut apa yang kira kira masuk ke dalam mesin???? entahlah…. Tapi selama pemakaian normal dan kondisi motor baik ane jamin ga akan kejadian.

tiba tiba bocor dan oli habis

Kalau ane ingat ingat saat main main dengan  casting ada istilah porosity dalam proses casting. Jadi saat proses pouring atau penuangan bahan castingan yang cair ga semuanya mengisi celah cetakan. hal ini penyebabnya biasanya adalah udara terjebak. Jadi terlihat dari luar secara visual check OK, padahal dalamnya kropos dan kopong. Saat motor sudah digunakan mesin akan mengalami panas dan ini akan berefek dengan udara di dalam jebakan tadi dan akhirnya saat panas mesin udara terjebak pun memaksa keluar dan pecah. tanpa ada benturan apa pun ini mungkin terjadi.  Karena kalau men-judge castingannya tipis mah kayanya ga mungkin, karena tiap pabrikan pasti punya standar ketebalan untuk area mesin ini pastinya. analisa bodoh ane sih gitu deh…

Tapi, kalau dilihat 2 kasus terakhir yang terlihat bagian pecahnya ada di bagian yang sama, yakni di bagian dekat dinamo starter. Ane ga tau struktur mesin nmax di bagian crankcase, maklum ga pernah bongkar hehehehe jadi ya ga bisa menganalisa posisi dan bentuk crank case nya lebih dalam. Yah semoga kasus ini bisa diclaim ke bengkel resminya ya. Lagian untuk kasus terakhir kan motor baru beres service. Jangan pobhia sob, ini kasus jarang ketemu kok…. rare banget….

 

Last semoga Yamaha memberikan tindakan untuk kejadian ini ya, minimal yang sudah ketuan jebol bisa diperbaiki tanpa harus mengeluarkan biaya. Garansi mesin kan 3 tahun hehehehehe….. Gimana menurutmu sob???

 

 

 

 
<







24 Comments

      • yang ada caption “tiba² bolong” itu foto HOAX, udah ditanyain ke orgnya gak dijawab dan ternyata emang hoax, gw juga ada di group nmax dan tau postingan itu

          • terserah sih bro kalo gak percaya, soalnya pas ditanyain terus kronologi dan lokasi baik di postingannya & fb-nya gak ada tanggapan, mau dibantu sama blogger PT ditanyain foto STNK dan no.telp juga gak digubris, mau dibantu koq malah cuek, jadi silahkan ambil kesimpulannya…

  1. Jarang ketemu ? Tapi pada honda tidak pernah kejadian lo..kecuali dimodip berat.
    Kalo di tempat kerja saya cast iron ada istilah hiketsu/shrinkcage itu udara terjebak didalam metal..dari luar gejalanya keliatan kaya kempes..
    Seharusnya ada penjelasan dari yamaha soal hal ini supaya tidak terjadi penurunan kepercyaan konsumen.

    • Honda mah kuat coi… lha wong ada testimonial mbek klo supra 100 nya gak gnt olie 2 taon (pas di tap olinya kosong) masih sanggup jalan ratusan kilometer tiap hari.

      keren kan? taro lah 100km x 300(hari) x 2 (thn) = 60.000km, wanjeeerrr… lebih gede dr pada model flat earth tp motor honda piston, ring piston etc nya masih mulus…

      keren kan Honda?

      :v

  2. Yg punya motor ajukan claim resmi gak ke yamaha?
    Kalau iya, bagaimana respon pihak yamaha thd kasus ini?

    Mudah2an gak cuma asal blow-up di sosmed, tapi jalur resmi dilupakan

Leave a Reply