Konsumsi BBM Jupiter Z1: Irit Banget!




image

Macantua.com – Siapa tidak kenal dengan klan Jupiter dari Yamaha, bahkan sobat ane Ferboes pun masih sangat mencintai klan ini sampai saat ini. Klan Jupiter memang dibagi menjadi 2 kasta, dimana kasta tertinggi kini diisi Jupiter MX King 150 dan kasta entry levelnya diisi oleh Jupiter Z1. Nah dengan mesin entry level tentu ketangguhan serta keiritannya wajib diuji. Berapa sih konsumsi bbm alias bahan bakar minyak Jupiter Z1? Apakah Irit? Yuk kita bahas!

Berbekal sebuah data dari seorang sobat di kota hujan sana (hatur nuhun mang Dede) kita coba berhitung seberapa irit sih Yamaha Jupiter Z1. Nah sesinya dibagi menjadi 2. Yaitu sesi perjalanan jauh, dan sesi perjalanan dekat. Tracknya cukup menantang yakni untuk jarak jauh motor dipacu dari Jonggol hingga Sukabumi dengan jarak tercatat pada 167,1 km (9787 – 9619,9 = 167,1 km).Perjalan dimulai dengan kondisi full tank alias penuh. Setelah sampai dan diisi penuh kembali ternyata menghabiskan 3,11 liter bensin. So,kalau kita hitung konsumsi bbm Jupiter Z1 untuk jarak jauh adalah ,=  167,1 : 3,11 = 53,72 km per liter. Mantap Irit puoll…

Setelah melakukan pengetesan dan pengukuran konsumsi bbm jarak jauh kini Jupiter Z1 kembali dilakukan pengetesan perhitungan konsumsi bbm jarak dekat. Track yang ditempuh kali ini dari Jonggol hingga Cileungsi dengan jarak 158km (9945 – 9787 = 158 km). Ternyata konsumsi bbm justru menghabiskan sedikit lebih banyak jika dibandingkan konsumsi bbm saat perjalan jarak jauh. Kali ini 3,14 liter bensin masuk ke dalam tangki saat sudah sampai. So kalau kita hitung konsumsi bbm nya adalah : 158 : 3,14 = 50,3 km per liter. Selisih sekitar 3km dibandingkan perjalan jarak jauh.

Carita ridingna: pokonamah panjang x lebar we.. Hihihi.. 🙂
Jarak jauh : jonggol-sukabumi
Jarak dekat: jonggol-cileungsi
Rider: 165cm, 55kg.
Metode pengukuran : full to full
Jenis bbm : pertamax

Bagaimana sob? Irit kan? Bikin dompet adem kalau irit begini sih…. Ciao….

hiji ge Maung…..

contact : raza.rajendra@gmail.com

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







39 Comments

  1. Wah irit ya ditest aslinya..padahal d manual book resmi yamaha jupiter z1 dklaim 46km per liter sesuai spek yahudnya…Gass..polll.sruput kopi dulu

  2. mang belum pernah nyobain suzuki shooter115 cc.
    bakalan kaget .
    pengalaman ane buat harian rata rata 63~65 km/l premium.
    daily use di wilayah cikarAng.
    buat jarak jauh cikarang – kebumen jawa tengah 80 km/ l premium.
    sudah dua th lebih ane pakai dari awal louncing dulu.
    kelemahan body enteng , kaya melayang di kecepatan tinggi diatas 90km/jam

  3. Test punya istri, Jupie Burhan 2008, Bogor-Cianjur p.p., metode sama, dapet 53,8 km/L BBM Premium.
    Test motornya yg satu lagi, Honda Vario 125 ISS 2013, Bogor-Bandung p.p., metode sama, dapet 52,1 km/L BBM Pertamax, plus sakit pinggang 2 hari, wkwkwk.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.