Gear Ratio Transmisi? Apaan Tuh?




image

Macantua.com – Sering kita dengar soal Ratio atau rasio gear box atau transmisi. Tapi kita ga pernah tau apa sih makna dari kata rasio transmisi tersebut. Nah kali ini ane mau bahas sedikit teknis soal perhitungan gear ratio atau rasio gigi transmisi. Yuk kita bahas… Sekalian ane belajar….


image

Rasio gear atau Perbandingan Gigi Adalah angka yang menunjukkan tingkat ukuran besar kecilnya antara gigi- gigi pada transmisi. Ratio gear ini akan menentukan percepatan yang dihasilkan dari kombinasi gigi – gigi atau gear pada transmisi tentunya pada masing – masing tingkat percepatan (gigi 1 2 3 4 dan seterusnya).

Nah pada transmisi sepeda motor umumnya menggunakan kombinasi dua gear untuk menghasilkan suatu tingkat percepatan . Sementara pada mobil umumnya menggunakan kombinasi empat gigi atau lebih untuk menghasilkan satu tingkat percepatan. Misalnya nih, pada kecepatan gigi 1 , maka perubahan percepatan dari kopling ke poros keluaran transmisi menggunakan kombinasi 4 gigi (untuk mobil). 4 gigi – gigi ini memiliki jumlah mata gigi yang berbeda pada tiap – tiap gigi. Jumlah mata gigi yang berbeda – beda inilah yang akan menghasilkan perbedaan putaran dan tenaga pada transmisi.

Setelah kita tau apa itu rasio, sekarang kita coba bahas cara menghitung ratio gear pada transmisi :

  1. Kombinasi 2 gigi
    Untuk kombinasi dua gigi kita menggunakan rumus :
    ratio gear = B : A

Misalnya :  A dan B adalah gear pada transmisi motor. Maka bila A : 13 dan B : 43 maka rasio 2 gigi ini adalah : 43/13 = 3,307.

  1. Kombinasi 4 gigi
    Untuk kombinasi 4 gigi kita menggunakan rumus :
    ratio gear = (B : A ) x ( D : C )
  2. Kombinasi 5 gigi 
    Untuk kombinasi lima gigi kita menggunakan rumus ;
    ratio gear = ( B : A ) x (E : C ) x ( D : E )

Contoh lagi nih buat kombinasi 4 gigi, anggap transmisi mobil Merk Z mempunyai 4 gigi pada percepatan 1. Dengan.masing masing jumlah gigi adalah A = 10 , B = 30 , C =20 , D = 40

ratio gear = ( 30 : 10 ) x ( 40 : 20 )
               = 3 x2
               = 6

Apa sih maksud angka 6 hasil perhitungan rasio transmisi? Angka 6 di atas maksudnya adalah dalam 6 kali putaran kopling akan menghasilkan 1 kali putaran output pada poros keluaran transmisi. Kira kira begitu sob, semoga bermanfaat….

Sumber : di sini

hiji ge Maung…..

contact : raza.rajendra@gmail.com


Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







28 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.