Saat MT15 Gagal DOHC, Kiamat Yamaha Dimulai….




image
MT15 gagal dohc? Kiamat Yamaha....

Macantua.com… Ramai ramai para blogger mengumumkan kalau MT15 ternyata tetap akan menggunakan mesin LC4V alias SOHC 4 valve yang sejak awal dipakai pada Vixion. Sejujurnya ane kecewa seandainya benar benar hal ini terjadi karena informasi dari telik sandi yang selama ini berbisik DOHC engine siap nemplok dibawah deltabox R15 dan MT15. Kalau benar hanya LC4V? Siap siap sejarah Mio dan Beat terulang kembali dan kiamat Yamaha akan dimulai….

image

Lho kok bisa bilang bakal terulang kembali? Yup, kemungkinan akan terulang kembali. Ingat saat Nouvo pertama diluncurkan oleh Yamaha dan Mio menyusul setelahnya Honda hanya mengeluarkan Vario 110. Susah mengusik pasukan Nouvo dan Mio yang waktu itu meraja akhirnya Honda mengeluarkan Beat dengan kubikasi mesin sama dan karakter serta fitur berbeda. Sedikit demi sedikit pasar Mio dan Nouvo tergerus dan akhirnya sampai saat ini Beat dan Vario series jadi raja matic sesungguhnya.

image

Mengintip pada kasus di atas, Mio saat itu tidak melakukan perbaikan apa apa pada sisi engine (mungkin dianggap mumpuni). Yamaha hanya melakukan tukar wajah berkali kali tanpa adanya additional features…. walhasil Beat yang saat itu lengkap dengan fitur yang lebih dari Mio berhasil ambil hati pasar. Meski mio m3 diluncurkan dengan segenap fitur sudah terlanjur sulit meraih kembali market mio yang sudah direbut. Irit dan powerfull serta didukung oleh desain body yang cantik lengkap dengan berjuta fitur. Kira kira begitu kondisi saat itu. Dan kini Yamaha (YIMM) bersikap sama akan Vixion yang menjadi andalannya. Memang perubahan saat Vixion gen 2 menjadi New Vixion Lightning merupakan sebuah lompatan besar menurut ane. Tapi saat New Vixion Advance diluncurkan, semua menjadi terasa basi. Bayangkan 4 generasi tanpa perubahan signifikan pada area dapur pacu sama saja mengulangi kesalahan (kasus Tiger dan Scorpio).

Pikirkan kembali sebelum terlambat, Yamaha harus ingat bahwa market share sudah lebih dari 60% dikuasai oleh Honda, dan ingat bila market share sudah mencapai angka 75% yang dikuasai Honda maka innovasi akan kembali ke posisi stagnan. Tidak ada persaingan, yang ada hanya berjualan seadanya. Dan Yamaha harus ingat, bahwa lawan tangguh Honda kini hanya Yamaha, bukan Kawasaki apalagi Suzuki. Dan Jantung penjualan Yamaha Global kini Indonesia adalah salah satunya. Dan MT15 DOHC ini salah satu cara bertahan dari serangan bertubi tubi Honda. Sekali salah, siap siap bernasib sama dengan 2 lainnya.

hiji ge Maung…..

contact : raza.rajendra@gmail.com







163 Comments

  1. DOHC itu bukan fitur omm.. beda kasus nya dengan mio vs beat, mio gemlodak, buoros, beat agak irit dan empuk..

    cb dan nv 11 – 12 kok, fitur, performa, desain, kualitas

    DOHC kalo di kasih ya bagus, ga dikasih ya gapapa, toh mesin minarelli sebenernya masih bejaban sama cb150, mending tambahin aja fitur yang canggih2, abs, atau malah adjustable ecu :mrgreen:

  2. Yg bilang kiamat itu kam macan ompong. Hanya blogger piaraan seperti mbah yg buat opini seperti ini.Kira-kira apa perbedaannya pakai SOHC dan DOHC pada daily use? Honda malu buat cbsf baru sekarang jadi SOHC.Jalan keluarnya dibuatlah near square bukan overbore seperti yg lawas.Apa tujuannya? Supaya konsumsi bbmnya lebih irit.Niru siapa?Bys*n tentunya. Lagi-lagi niru…jiplak…entahlah….!

  3. bner mbah..sejrah akn terulang kmbali mngingat engine mio yg bgtu2 aj, publik lngsung menjudge boros dan.smpe skrg terbawa image matic ymha boros walaupun udah blucore ..liat aj esp115 lbih dinilai bgus oleh konsumen dri blucore125 ..skrg yimm mau sohc 180 200 225 bkln klh dmta konsumen yg udah trmkn dohc πŸ˜€

  4. Gak bakal sama ma kasus mio mang. Dah beda pasar.
    Lagian usd ma banana arm dah cukup nonjok tu.
    Klo mo dohc, mending buat r15 ma vixion. MT15 bikin bener2 torque.
    Terserah yimm sih mo gimana yg penting usdnya jgn jual mahal2.. πŸ˜€

  5. ulasan yg masuk akal nih.. emang sih SOHC sm DOHC di cc kecil dasarnya gak beda2 amat lah buat pake ,cuman ya itu konsumen indonesia selalu menitik beratkan image pada suatu produk “bodoamat DOHC maintenance nya mahal yg penting motor gue keren” dan opini yg terlanjur berkembang di masyarakat adalah DOHC adalah teknologi masa depan.. kenapa begitu? jelas. motoGP aja semuanya DOHC gaada yg SOHC. padahal pada prakteknya sih tetep aja gak gitu2 amat.. contohnya moge honda vultus aja msh SOHC. tapi ya sekali lagi image! emangnya YIMM mau mt-15 nya mempunyai image “ketinggalan jaman” ? apalagi mesin NVA udh 4 generasi blm ganti2.. “lah mesin cb juga udh dari jaman batu bro basic nya mesin old cbr150” iya. tapi kan dia punya image DOHC.. see? jd image tuh penting bgt. beda sama konsumen india.. barang mumpuni,harga murah, angkut! terserah image nya mau kyk gimana.. liat aja kasus R15 di india yg udah keluar R15 v2.0 malah dirilis lagi R15 v1.0 tapi dinamain R15S. ps buat YIMM jangan bolot deh. nanti pasti nyesel sendiri. konsumen sini bukan kyk konsumen india, kalo masih mau bertahan keluarinlah DOHC. r25 aja bisa DOHC masa mt-15 gabisa?

    • Mantap kang overheat komen nya juosss… thats what i mean…. sepakat banget, ga sulit buat Yamaha, semuanya gampang. Tinggal mau atau engga… karena image kencang sudah tanggung jd jargon Yamaha….

  6. Kayaknya pada salah tangkap isi artikel.
    ini bukan soal sohc vs dohc. Tp soal efek persaingan yg tidak berimbang.
    Yg saya tangkap, jika honda mjd raksasa otomotif di indonesia, dan tdk ada perlawanan lg dari ymh, bisa di bayangkanlah.. semua akan pasrah pada 1 pabrikan.
    ingat gak jaman dulu dikasih astrea pada diem aja.lol.
    efek dari persaingan yg berimbang itulah yg sebenernya menguntungkan konsumen.

    • Sepakat sama teh Rina…. masa mau balik lg ke jaman batu yg motor dengan mesin itu itu aja tanpa inovasi…. jangan lah ya…. persaingan itu yang buat innovasi berjalan. Dan konsumen yg jd target serta diuntungkan tentunya

      • menurut ane akar permasalahannya dari image dari mesin. SOHC yamaha sudah dipakai 7 turunan membuat image dari mesin SOHC sendiri terlihat kuno. Sedangkan untuk DOHC karena lebih baru menjadika teknologinya lebih terlihat advance (padahal kagak liat aja kasus honda HRV vs mitsubishi outlander sport). Kalo yamaha masih mau kokoh dengan pendiriannya (dengan mesin SOHC) maka yamaha harus bisa membuat mesinnya terlihat lebih baru entah itu penambahan fitur seperti VVA atau yang lain-lain. Tapi tentu akan membuat cost karena harus membuat biaya promosi untuk menonjolkan mesin baru agar terlihat lebih advance. Tetapi kalau yamaha mau lebih mudah tinggal melahirkan mesin DOHC superior karena masyarakat awam melihat DOHC sebagai mesin yang lebih advace secara otomatis akan mengurangi cost untuk promosi mesin.

        kayanya perbedaan SOHC sama DOHC ini cuma berlaku buat mesin ber cc kecil doang ya? wkwkwk

        • sepakat, kalau memang masih keukeuh sama SOHC Yamaha harus kasih kelebihan mesin SOHCnya. salah satunya ya itu VVA biar lebih nampol. SOHC vs DOHC kayanya ga cuma di mesin kecil sih ributnya, mesin mobil pun suka ribut hahahahahaha…..

      • Iya sih tapi yang sering jadi ledekan di dunia permobilan kan DOHC, contoh kasusnya jazz vs yaris, HRV vs outlander sport dll. Mesin mobil honda yang dibawah 2,5 liter malah banyak di ubah ke SOHC….CMIIW . Lah ini motornya gak sejalan sama mobil yang notaben teknologinya 10 tahun lebih maju

        apa jangan-jangan yamaha sudah mendahului honda di sepeda motor (emang yamaha bikin mobil??) dengan mesin SOHC nya wkwkwkwkwk

    • yg salah nangkep yg baru liat jupi MX kmaren sore mbak. coba kl mereka ngerasain gmana menderitanya bawa supra x 2002 ato kharisma 2003 krn pabrikan tu motor berhak ngejual motor kualitas pekok atas dasar brand no 1.

  7. yamaho 150cc ga usah DohC ,ga palue,boros karna harus dipanteng di hi rpm terus,ga cocok buat jalanan indo,lemot tanya aj epbeyek mode Oon.
    mending sohc 5smprit .ngoahaha

  8. Aku mh apa wkwkwk ..tenang mang maung ntr saya sampein ke DDS jabar weh..sugan pesen mang maung dan pecinta ymha mesin haruz dohc di aminnni yimm+iwata jepun..biar kekinian.hehe

  9. dilematis yg dihadapi yimm saat ini,
    *jk mt15 dohc yg notabene naked bike dari r15, gmn nasib r15 kedepanya? masak fairing nafasnya kalah pnjang dg naked…
    jk bnr mt15 sohc…trus apa keunggulan yg ditawarkan…cm 6speed? walaupun nantinya disain mt15 garang malah jd malu ketika dikomparasi dg ncb hrs bertekuk lutut …
    klo pgn bertahan r15 maupun mt15 hrs dohc, sohc cukup vixion

    • lalu petinggi YIMM pun berujar, ” MT itu master of tourque, dimana keunggulan SOHC adl di torquenya itu. Jadi ya ga perlulah kita kiti berlatah ria ke mesin lain.”

    • Klo MT15 pake mesinnya SOHC tapi plus VVA di katup in sama katup ex nya bakal nyungsep tuh CB ke selokan, apalagi persenelingnya jadi 6, pastinya sudah offside crankshaf dulu, pake 5 speed juga menurut saya CB yang DOHC Nearly2an itu sudah bisa di kentutin (analisa mahasiswa teknik mesin) klo yang sudah pernah ngetes Nmax betot gas sampai full pasti tau rasanya VVA, itu cuman di katup inx aja lho, apalagi klo sampai dikasih di kedua katubx VVA, putaran atas bisa tambah W.O.W

      Mesin SOHC Yamaha maksimalnya harus berfitur VVA itu harga mati klo mau bertahan dari gempuran DOHC Nearlynya Honda, klo mesin SOHC VVA Yamaha bisa membunuh mesin DOHC Nearlynya Honda maka secara tidak langsung akan membunuh image DOHC itu sendiri, “masa DOHC yang katanya gen MotoGP itu kalah sama mesin lemot SOHC, brarti SOHC superior dong” (BCan FansBoy di blog tetangga)

      Kesimpulannya:

      Yamaha belum waktunya ngeluar mesin DOHC 150cc untuk bertarung dikelas sport 150cc, Mesin yang digunakan Vixion SOHC itu sudah ok (menurut analisa mahasiswa teknik mesin) dengan catatan perlu ditambah fitur VVA biar bejaban sama DOHC Nearly CB.
      Kekurang mesin CB itu kompresinya spek balap 11.3 buat harian yang beli konsumen elit (ekonomi sulit) nenggaknya premium, konsumen CB kebanyakan beli pertamax atau partalite???? Gak kan…!!!!
      Mesin dengan kompresi 11.3 minum premium buat harian itu aduh kasian yang punya motor kena kibulin AHM klo mesin CB DOHC dengan kompresi 11.3:1 itu aman minum premium, tinggal nunggu waktunya ntar ambrol mesinnya.
      CB bsa lbih unggul dri Vixion itu hanya di kompresi 11.3:1 vs 10.2:1 trus yang ngetes pake pertamah, ya ialah mesin yang kompresinya tinggi yang unggul, anak STM aja tau, cba yang komparasi tesnya pake premium bakal kliatan kekurangan mesin CB DOHC nearly, kenapa ngetesnya gak pake premium???? Mungkin jaga image CB bru brojol klo kekurangannya di expose ntar majalah yang ngetes gk dapet honor dari yang punya merk motor.
      Harus majalah otomotif itu harus objektif, netral dan mendidik dalam melakukan tes komparasi, wong konsumen kebanyakan belinya premium kok tes komparasinya pake pertamax yo gk objektiflah.

      Salam anak teknik
      Salam konsumen cerdas

  10. Mang, misal kita teriak2 nich sekuat tenaga, smp bengek ceritanya! tp yg kita hadapi tuch orgnya budeg! bkn nya kedenger mlh ngeganggu org sekitar yg ga ngerti! ga usah ngebahas Nouvo or Mio lah, dah kelamaan, dah lupa kali! yg baru aja tuch! Byson! cuma minta rem blkg cakram, apa di denger? emang bisa denger gitu? tetap aja tromol! biarin aja Honda merajalela di semua lini! kan enak nanti akhirnya sport Honda type maung atau macan! nanti domainnya diganti, macanselamanya.com lain hiji ge maung tapi maung baraya… ha….ha….ha….. hidup mauuunnggg….

  11. tapi kang apa yamaha punya basic mesin 150 DOHC yg bisa dijadiin basic trs tinggal penyesuaian sana sini? kalo mesti ngeracik lagi, nunggu sampe kapan? r25 aja 6tahunan klo gak salah ngeraciknya sejak tahun 2008 kawasaki ngeluarin ninbu250

  12. kok kecewa. bukane mesin pigson ngebulllll itu performa dewa menurut fby. Kok sekarang ngarep2 DOHC. Akakaka. Emange mau DoHC apa yang torsinya gede. Overbore? kagak mungkin klo Overbore torsinya gede klo gak di set high power. Klo high power pasti butuh rpm lebih. Klo rpm lebih butuh material kuat. dan pasti boros!!!

    Jadi engine pigson ngebull itu terima aja wahai FBY. Kalian dungu kok gak sembuh2. Jilat ludah sekali si gpp tapi berkali kali itu namanya sapi bin bab!i.

    DASAR DUNGUUU

  13. Sebenarnya penasaran juga sama mio 125, katanya sekarang sudah irit. Tapi banyak blogger yang ngetest ternyata masih lebih irit sekaligus lebih kenceng kompetitor yang ccnya lebih kecil.

    Karena itu pinjam mio 125 punya temen. Km baru 3100, ternyata cvt sudah bunyi. Akhirnya beli kompetitornya. Trauma dengan cvt yang rewel, dulu jual nouvo juga karena masalah cvt.

    Jadi Yamaha nggak usah bikin yang aneh2, cukup perbaiki cvt, krn itu nyawanya motor matik. Selama belum diperbaiki, walaupun harganya murah, tetap saja males beli.

  14. Betul sekali kang, jika gagal mewujudkan DOHC di MT15, alamat kiamat besar bagi YIMM karena teror sport harus DOHC dari Honda begitu masif dan ekspektasi dari konsumen begitu tinggi. Masyarakat sekarang sudah melek informasi dan teknologi,salah sedikit aja bisa berabe. Penggunaan mesin DOHC pada MT15 bisa merupakan investasi jangka panjang Yamaha. Kalau mau lihat betapa larisnya NMax adalah faktor teknologi dan value, VVA dan ABS adalah nilai tambah, MT15 dan next R15 bisa belajar dari situ.

  15. MT= Master of Torque
    Tetep SOHC gak masalah..yg penting TORSI sama POWER di gedein.. jgn tanya gimana caranya..insinyur lbh pinter dibanding org yg cuma bisa bilang DOHC lbh bagus..
    Gak smua org indonesia baca blog cuy.. yg baca blog jg ada yg lbh suka SOHC..
    Kalo DOHC nya newcb bisa di tabokin sama SOHC nya MT15.. bisa berkali-kali lipat malu nya πŸ˜€

  16. yang gua takutkan adalah inovasi semua pabrikan berhenti (Stagnan) karena Yamaha gak mau Move On. Konsumen hanya disuguhi motor yg sudah ada, Pabrikan santai..! Kira kira gitu yg diharapkan Honda, Yamaha bagaikan duri yg harus dicabut dan merepotkan bagi Honda, karena Honda dulunya santai, baru diserang sama Yamaha Inovasi Honda sangat melompat jauh.

  17. mungkin masalahnya di harga, kalo dipaksa dohc mungkin akan sangat jauh, atau mendekati r15. bisa ngga payu. memang sulit keadaannya.
    sama dengan cb150r yang maksa tetap tanpa pass beam dan engine cut off. untuk menekan harga. pasarnya kan pasar vixion yang dikejar, jadi harus dimepetin harganya.

    • kl ngotot pake deltabox sih keknya bakalan naik. lain cerita kl tu box diganti pipa ledeng kandang ayam kayak merk sebelah, harga bs jauh ditekan lagi baik dr biaya bahan ampe ke proses pengelasan. ncb ngilangin pass beam sama cut off ga seberapa koq, itu cm pembeda kelas aja sebenernya. pembeda yg ga jelas juga napa mst dibeda2in. πŸ˜€ NMP aja dikasih, ini yg lebih mahal gak dikasih? sengklek emang ngAHaMpret ini…

  18. Moses pada September 20, 2015 pukul 2:48 am
    Hebat euyy analisa anak teknik mesin, premium lebih unggul, ngapain pakai bikin pertamax, pertalite, v power dll….. premium aja biar balik ke jaman batu wkwkwk, premium kok di sembah pdhal di negara lain sdh ditinggalkan. CMIIW

    ————————————-

    Lho di Indonesiakan Konsumennya mayoritas pake premium, kecuali di Indonesia Premium sudah tidak digunakan lagi baru test komparasinya pake Pertamax.
    Yang punya mobil Alpard aja masih nenggak Premium dan itu FAKTA dilapangan.
    Makanya test komparasi di tabloid otomotif yang pake bahan bakar pertamax itu tidak objektif dan pembodohan. 1L premium sama 1L Pertamax jarak tempuh berbeda tenaga yang ditimbulkan juga berbeda akibat hasil pembakaran dari bahan bakar tersebut, wong spek adiktif bahan bakarx aja beda.
    Contoh kasus NVA vs New CB, jelas test komparasinya CB lebih diunggulkan dibandingankan NVA menggunakan bahan bakar pertamax, sebab kompresi CB lebih besar dari NVA 11.3 vs 10.2, klo yang pernah belajar ilmu mesin bakar sama Thermodinamika pasti paham kelebihan mesin berkompresi tinggi menggunakan bahan bakar beroktan tinggi, terus apa akibatnya mesin berkompresi tinggi menggunakan bahan bakar beroktan rendah, anak STM aja tau apa efeknya, nah disinilah ketidakobjektifan tabloid otomotif, ngetesnya pake pertamax terus konsumennya beli motor nenggak premium, apa gak kasian coba konsumen CB kena kibulan beli motor Sport DOHC Nearly Squer dengan kompressi 1.3:1 aman nenggak premium, saya sedih dengar pernyataan petinggi AHM bilang seperti itu, klo aman nenggak premium kenapa tes komparasinya nenggak pertamax???? Mungkin yang ngetes di tabloid otomotif seperti M+ atau Otomotif bahkan Oto+ sadar klo tes komparasinya pake premium maka mesin CB ngelitik dan tenaga tidak keluar maksimal karena kompressi tinggi nenggak bahan bakar beroktan rendah, Om Macan pasti taulah apa efeknya klo mesin berkompresi tinggi terus menerus minum premium…!!!!
    Dan disini kenapa ketiga tabloid tersebut tidak membandingkan tes komparasi dengan Premium dan Pertamax saya gak tau, mungkin ada kepentingan2 dalam ajang tes komparasi tersebut sehingga konsumen yang terbodohi demi menguntungkan salah satu korporasi.
    Kesimpulannya:
    NVA vs NCB sama2 motor bagus cuman dalam penggunaan bahan bakar yang di anjurkan berbeda.
    NVA dengan mesin SOHC 5 percepatan rasio kompresi 10.2:1 aman minum premium.
    NCB dengan mesin DOHC Nearly Squer 6 percepatan rasio kompresi 11.3:1 sangat tidak dianjurkan minum premium dan dianjurkan minum pertamax, pertanyaannya yang beli motor tu CB sanggup gak beli pertamax terus…!!!! Klo maksa make premium siap2 aja mesinnya nanti ngelitik dan biaya perawatannya yang membengkak akibat mesinnya ngelitik.

    So jadi konsumen harus cerdas, jangan mau jadi konsumen yg terbodohi oleh korporasi.

  19. Setubuh bgt mang sm artikelnya, tapi klo menurut sy (org awam) Sebenernya yamaha udah bisa koq ngeluarin mesin dohc nya, tp mungkin ga skg mang, nah mgkin disini yamaha punya strategi, okelah byk yg blg yamaha budeglah, kiamatlah buat yamaha, tp disini divisi strategi nya yamaha bermain, klo yamaha ngeluarin tuh dohc skg, apalagi efek kejut nanti klo misalnya honda ngeluarin SFA nya? tampang 11-12 sm MT15, udah dohc, mau ngeluarin apalagi coba yamaha?mungkin strateginya adalah gw kluarin nih MT15 sohc, SFA nya honda kluar gak? klo tuh honda ngluarin SFA, baru deh MT15 dohc nya yamaha kluar juga…
    mungkin loh ya..hehe
    Pissss mang

  20. Udah sering kok sport yamaha di ancam kalah, berbagai motor dikeluarkan, hanya melawan 1 saja, hanya vixion saja, masih selalu gagal.
    Jd yg seharusnya diingatkan malah honda, klo mrk msh bikin dohc yg sulit dimodif utk power yg kuat, yg mudah ambrol sampe dnf di kejurnas, yg performa standarnya hanya beda tipis dgn sohc, siap2lah apapun motor sport yg dikeluarkan pasti dinilai konsumen lebih jelek dr yamaha, ujung2nya tiap ada motor sport baru dr honda ya dicuekin, “ah paling gitu lg”, mau kayak gitu?
    Jadi, honda klo mau menang, jgn setengah2 bikin motor sport!!!

  21. tinggal nunggu jenuhnya pasar aja, jangan sampai yamaha lengah, bisa sama nasibnya kayak suzuki

    penjualan kompetitor masih dibawah tapi dalam tahap yg sangat menghawatirkan
    suzuki masih ada kesempatan fight back, kalau sampe gagal ya wassalam
    soalnya kompetitor gak akan terlalu pusing walau suzuki fight back nya sukses

  22. rencana menggulingkn produk bru mtor berlambang sayap???
    tapi etss dah, , , bkn kompetitor malah produk sendiri guling malahan,ngalahin produk sndiri yg jadi raja, hahaha

Leave a Reply