Beat ESP Atau Mio M3 Blue Core??? Kembalikan ke Selera….




Mio M3 125 Blue Core????
A Mio M3 125 Blue Core????

Macantua.com – Hola Sob, selamat memulai hari Senin. Gencarnya dua pabrikan Yamaha dan Honda dalam memasarkan motornya memang sangat ajaib. Sampai sampai konsumen yang seharusnya diuntungkan dengan banyaknya pilihan malah menjadi pusing harus menentukan pilihan yang mana. Seperti seorang rekan yang mengirimi ane Email Dini hari ini.

Atau Beat Pop ESP????
Atau Beat Pop ESP????

Selamat malam mas
Saya mw tanya mendingan mana mio m3 apa beat esp? Lagi bingung mas nentuin pilihan.. terimakasih (agoez.xxxx@gmail.com)

Beliau (Mas Agus) ini bingung harus menentukan pilihan yang mana akan sosok matic yang harus beliau pilih. Nah ane sebenernya sudah bahas Beat ESP Engine dari mulai design di sini, electrical di sini, mesin di sini dan performa di sini. Sedangkan buat Mio M3 Blue Core ane sudah pernah bahas impresinya di sini, konsumsi bensin actualnya di sini, riding impression nya di sini, dan perbandingan dengan Mio J di sini. Tapi kalau itu belum juga cukup, ane bakal coba bahas dan bantu mas Agus buat meyakinkan pilihannya.

Panel Speedo meter Yamaha Mio m3 Blue core
Panel Speedo meter Yamaha Mio m3 Blue core

Bagian pertama, Design. Biasanya design menjadi faktor penentu orang memilih. Katanya sih pandangan pertama sungguh menggoda (iklan banget :D). Dari segi design kedua motor ini hampir mirip. bahkan ada yang bilang headlamp Mio M3 125 Blue Core. tinggi jok pun ga jauh berbeda, buat tinggi ane yang 174 cc napak sampe nekuk sempurna. jadi buat yang tinggi kurang dari ane dipastikan bisa napak tanpa jinjit dan perlu dingklik.

mencoba ngetest Beat Pop Esp
mencoba ngetest Beat Pop Esp

Bagian kedua Handling, karena dimensi yang mungil dan compact ini membuat kedua matic ini enak buat ngalay. Baik Mio M3 125 Blue Core maupun Beat (ESP dan Pop ESP) dengan mudah ditekuk tekuk dikeramaian dan kepadatan kota. Buat posisi tangan mungkin Mio M3 sedikit lebih pendek posisi stangnya. jadi lebih sporty dibanding Beat yang posisi stang sedikit diatas.

mio m3 Blue core 14

Bagian ketiga Performa dan Engine, Dibagian ini memang sedikit sulit di bandingkan. Buat yang doyan tarikan awal kayanya Beat memberikan tarikan yang lebih bringas dibanding Mio M3 Blue Core. Tapi kalau doyan top speed sepertinya kubikasi besar membuat sang Mio M3 sedikit lebih unggul di putaran atas.

Injector Beat ESP

Konsumsi bensin alias bahan bakar, Kalau sebelumnya diumumkan konsumsi bahan bakar Mio M3 lebih unggul, tapi setelah ane lakukan pengetesan hasilnya ga terlalu jauh berbeda dengan PCX 150 milik mang kobay. Beat pun klaimnya hanya dikisaran yang sama. Kembali tergantung pada jalur dan jalan yang dilalui sehari hari. Normal untuk ukuran matic injeksi. ISS yang disematkan ke Beat ESP mungkin bisa  membantu mengurangi konsumsi bensin saat motor selalu digunakan dalam kemacetan dahsyat.

wpid-screen_20141230_085821.jpg

Fitur, Fitur yang disematkan pada kedua matic ini hampir sama. mulai dari Stand Switch, Parking brake lock dan bagasi mini. Mio M3 menawarkan sebuah kontrol konsumsi bensin ditangan sang pengendara dengan menggunakan ECO Riding yang menyala saat motor berkendara secara ekonomis. Sedangkan Beat menawarkan Starter tanpa suara alias ACG Starter dan ISS yang akan membantu mesin berhenti berputas disaat motor berhenti lebih dari 3 Detik setelah berjalan dengan suhu tertentu.

Bagian terakhir adalah Harga, Harga boleh dibilang 11-12. 13-14 jutaan memang harga yang mepet mepet buat bikin bingung para calon pembeli. Apalagi biasanya orang Indonesia memikirkan harga jual seken. Dan kali ini Beat harus lebih Jumawa akan harga jual after salesnya.

Buat yang masih galau silakan pertimbangkan lagi ya, toh sebenarnya kedua motor ini bernilai 11-12 buat matic entry level. Kebijakan ane serahkan ke yang mau beli ya…. mangga digeber lads (mang kobay style)….

Yang ini juga menarik :


Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







44 Comments

  1. Walopn saat ni saya pengguna matic honda vario125.tp jujur kalo pilih satu diantara kedua motor ni..dari sisi desain saya cenderung ke M3.Lebih Ok menurut saya.ada yg bilang meniru beat lama.tp klo mnurut saya ga ada tu istilah meniru.lebih bijaknya ..terinspirasi.dan tu sah2 aja ko.

  2. Mohon pencerahan. Rumah saya di pegunungan. Utk kedua matik tsb mana yang paling kuat nanjak? Kebetulan lagi bingung juga milih kedua matik tsb. Trims infonya

    • Makasih masgun dah mau mampir dan komen. Saya coba jawab ya… kelebihan matic yamaha adalah jika perbedaan ketinggian ecu bisa langsung menyesuaikan. So ga perlu setting ulang. Hanya saja masalahnya tarikan awal mungkin kalau dibanding beat kurang seresponsif beat.

      Buat beat memang buat ketinggian tertentu hrs disetting ulang. Tapi responsif tarikan awal saya kira beat bisa sedikit lebih unggul dari mio series.

      Iritnya 11 12 lah ya…. mangga dipikir2 lagi kira kira yg mana yg sesuai keinginan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.