Anakmu Titipanmu….




image
@kopdarpengicau's Tweet: https://twitter.com/kopdarpengicau/status/540883498324611072?s=09

Macantua.com – Buka Buka Twitter ane nemu gambar beginian di salah satu akun yang ane follow. Tergugah rasanya buat bisa mengajak untuk selamat kepada semua. Terlebih buat generasi bangsa ini yang nantinya menggantikan kita kita. Karena sudah jadi rahasia umum bocah bermotor itu seolah “wajar”.

Pemandangan seperti gambar di atas mungkin sudah biasa kita lihat setiap harinya. Biasanya sih para bocah ini nongol pada sore hari dengan menggunakan motor ber cc kecil. Sebut saja bebek dan metik yang biasanya menjadi tunggangannya. Biasanya sih mereka muncul bergerombolan. Kalau pun muncul cuma satu kendaraan saja tapi bisa dipastikan berpenumpang lebih dari 2. Dan kecepatannya jangan ditanya, kenceng sob….Ckckckckck

Nah sebenarnya sudah beberapa kali ane mengangkat tentang hal ini. Mungkin kekayaan yang berlebih tetapi miskin secara waktu sehingga para orangtua tidak punya kesempatan untuk mengontrol anak anaknya. Jelas yang pertama ane salahkan adalah orangtuanya. Karena tidak memberikan pengertian tentang berbahayanya mengendarai motor.

Meski di dalam komplek kecelakaan masih memungkinkan buat terjadi kan…. dengan postur tubuh yang kecil serta kaki yang belum dapat menapak sempurna menjadikan sang anak mungkin saja celaka akibat kurangnya keseimbangan. Belum lagi bila kecelakaan harus melibatkan orang lain. Entah dimana nurani sang orangtua saat memberikan kunci kontak lengkap dengan motornya untuk dikendarai sang bocah.

Sekitar 7.15% kecelakaan disumbangkan oleh pengendara berusia 10-16tahun pada 2013 lalu. Setiap harinya terjadi sampai 20kejadian. Mungkin angka tersebut bisa saja naik jumlahnya pada tahun 2014 ini lho…. Saling mengingatkan deh, pada gamau kan kalau anak, adik, saudara atau tetangga kita harus menjadi salah satu korban akibat berkendara dibawah umur. Mending kalau hanya luka ringan dan motor rusak, kalau sampai cacat permanen gimana? Atau sampai meninggal dunia??? Yuk buat para orang tua. Sama sama saling mengingatkan, jadilah orangtua yang amanah. Karena anakmu adalah titipan untukmu.

Yang ini juga menarik :







Leave a Reply