Meet the Shark (R25 First Direct Impression)




Tampak Depan si Ganteng bengis abis
Tampak Depan si Ganteng bengis abis

Macantua.com – Hola Sob, Piye kabare, kumaha kabarna damang? Kemarin sabtu saat peluncuran CBR 150 R di BIP Bandung saat melalui area tangga dari basement eh ane dan rekan rekan Dgujubar menemukan sebuah penampakan yang menarik mata dan kamera pocket yang ane bawa, 2 ekor motor sport full fairing Yamaha yang sedang ngacak ngacak pangsa pasar motor sport full fairing. R15 biru putih dan R25 berwarna hitam….. Gimana Impressinya??? yuk kita lihat….

Hradlamp, bagian utama yang paling ane suka
Hradlamp, bagian utama yang paling ane suka

Kesan Pertaa yang ane dapat dar si Hitam ini adalah “bengis” bentuk headlamp dan visor seolah menjadi binatang buas yang siap menyerang dengan tatapan yang tajam, berbeda jauh dengan sang adik R15 yang terlihat lebih “ceria” pada bagian headlamp. mata yang sedikit lebih sipit dan ujung visor tajam pada tengah headlamp menambah aura sangar. Joss.

Sepasang Motor Ganteng R15 dan R25 diujung basement
Sepasang Motor Ganteng R15 dan R25 diujung basement

Bagian kedua kita bahas body secara keseluruhan, dari body secara keseluruhan ane melihat sebuah sinergi dari mulai bagian depan sampai bagian belakang. Fairing ga keliatan kedodoran. Malah justru terlihat pas, disini Yamaha membayar lunas hutang pada mata ane yang sebelumnya melirik sang adik R15 yang menurut ane kurang singkron. dari segi dimensi R25 terlihat compact. Ya walau kita tahu bersama bahwa tangki sebenarnya ditutupi oleh cover plastik walau terlihat membumbung tinggi besar.

Area mesin clean abisssss..... sayang knalpot cuma pake cat item bukan Stainless
Area mesin clean abisssss….. sayang knalpot cuma pake cat item bukan Stainless

Masuk area bagian bawah yang terlindung fairing, area ini terlihat clean. super clean. bahkan boleh dibilang area ini justru lebih clean dibanding area kemudi yang seharusnya lebih clean. Pada area ini tidak terlihat parts yang tidak teratur, semua tersusun rapi meski berada di area yang tidak pernah terlihat secara jelas.

Area dashboard, hmmm....
Area dashboard, hmmm….

Dashboard, dimana area ini area yang bakal lebih sering dipandang sang rider. PR besar untuk Yamaha di area ini, boleh dibilang pengaturan wiring dan posisi clamp harus dipikirkan ulang. Area ini justru kalah Clean dibanding area dibawah Engine yang tercover oleh Fairing. Well YIMM harus segera garap PR satu ini, walau Cover dashboard sang R25 ini jauh lebih baik secara tampilan maupun material dibanding R15 tapi kesan berantakan ini bisa merusak segalanya. Come on YIMM….

Horn nya irit
Horn nya irit

Satu hal yang menggelitik adalah saat melongok bagian lebih dalam. yup Horn alias klakson sama kaya pesaing nya Ninja 250 klakson hanya diberikan satu buah saja, suaranya mungkin standar banget yak? Maklum ane sudah terbiasa denger klakson yang low dan high pitch secara bersamaan. Kayanya ini hal pertama yang bakal ane ganti kalau ane beli ini motor (aamiinnn).

Shock blakang tanpa Link
Shock blakang tanpa Link

Ala monocross, entah untuk menghemat dan menekan biaya produksi atau bagaimana yang jelas ini hal yang justru ane sayangkan, apabila pada sang adik R15 area swingarm diberikan hal spesial, pada R25 justru sebaliknya. Minusnya Almunium casting Banana arm dan link yang tersemat di R15 ga didapati pada sang kakak. So pasti akan berasa seperti bawa motor Byson, shock belakang akan mentul mentul saat menikung, harus pake gayanya lek Stoner nih. Hanya ukuran Swing Arm yang tampak besar mengobati kekurangannya. Tetep keliatan Gahar!!!!

IMG_0043 IMG_0044

Last, Finishing secara overall rapi banget, hanya saja ane jarang melihat lapisan stailess pada motor mahal satu ini. Powder Coat masih jadi andalan YIMM untuk menutupi bagian luar mulai dari Brake muffler dan Swingarm. Kesannya memang sangar hitam dof tapi kurang Joss menurut ane. Kenapa ga Glossy ya????

Overall sang Jagoan YIMM ini memang memiliki tampilan yang Sangar, sumpah tampilannya bikin ngileeeerrrrr…. tapi mungkin di beberapa bagian ada beberapa PR yang harus YIMM garap buat sang kuda besi agar bener bener jadi primadona sport fairing 250cc. Biar Hasilnya Joss gandoss kotoss kotosss……. Kira kira ada yang mau minjemin buat ditest ga yaaaa…… #ngimpiiiiii







21 Comments

Leave a Reply