Speedometer Digital (Part II)




Salamualaikum…..

 


Sesuai janji kemarin nih…..gimana sih cara setting si speedometer sepeda yang dipasang di si Maung???? kita mulai dari awal pertama.

Image
Box plus bon nya

kita buka isinya, nah dsini kita temuin beberapa part seperti yang ada di gambar :

Image

  1. Dudukan atau holder Speedometer
  2. Sensor
  3. Magnet
  4. Dudukan atau holder sensor
  5. Double Tape
  6. Cable ties atau rivet plastic

Ok, pemasangannya liat disini ya…. kita langsung aja ke cara settingnya nih….

pertama-tama nih, cara reset untuk Spedo meter. Liat bagian belakang speedometer ada tombol kecil 2 biji, untuk reset dan set. kaya gambar di bawah ini nih :

Image

Mode pertama yang muncul adalah pemilihan satuan kecepatan Metric (kmph) atau imperial (mph) nih tinggal pilih dengan teken tombol gede di bagian depan speedometer trus teken tombol set di bagian belakang (yang tengah ya bro…).

Image
nih cara setting ukuran ban nya…

 

Nah ini dia nih tahap yang bikin lumayan pusing, penentuan tire size dimana penentuan ukuran ini nentuin keakuratan si speedometer saat digunakan, caranya hampir sama dengan cara setting satuan kecepatan td, setelah set satuan kecepatan tinggal pilih ukuran ring yang digunakan, untuk ring sepeda motor saya 17″ nih tp kan ketebalan ban motor lumayan nih dengan ukuran ban depan 90/90, jadi saat di set dengan ring ukuran 18 hasil cross check dengan gps ala robot ijo jauh banget selisihnya, tp akhirnya si maung menemukan ukuran pas dengan selisih hanya 0,5kmph dengan menggunakan setting ring 24 pada speedometer, mungkin karena rim 17″ ditambah dengan 2x90mm hasilnya ya sekitar 24″ an kali yah hahahahahaha…..

Okay last but not least, kita tinggal masuk setting terakhir nih jam digital (emangnya cbsf doang yang punya jam digital), cara settingnya ga jauh beda sama cara sebelumnya tinggal pilih nih mode 24 jam atau 12 jam, trus cara mindahin nya agak sedikit beda dengan yang td ya, untuk pindah ke jam kita harus tekan tombol besar didepan skitar 2detik baru tekan lagi sampai menujukkan jam yang kita inginkan, begitu juga dengan setting menitnya, nih buat ilustrasi liat gambar dibawah ini aja nih :

Image
nih cara setting jam digitalnya

Okay finish…..tinggal dipasang deh speedometernya dan digunakan, semoga bermanfaat….

 

any advice????

 

 

<

p style=”text-align:center;”> 

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







46 Comments

    • merknya Velo Cat Eye Kang, ada 2 jenis wired dan wireless, harganya ga mahal kok kang…. 🙂 170k untuk wired, untuk yg wireless nambah sekitar 60k

      makasih sudah mampir

    • beli di salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Bandung om, tapi kalo mau cr ke toko Olahraga jg ada atau toko Sepeda, ada sensornya ditaro di fork depan, sama magnet di roda. penjelasan part nya apa aja ada diatas om

  1. Selisih segitu bisa karena faktor gpsnya malah. apalagi itukan wireless, mesti nyumbang delay sepersekian detik. ngga masalah…

    magnetnya dibungkus plastik, rawan ketempelan pasir biar ngga susah ngebersihin.

  2. thanks, sudah lama juga kepikiran mau pasang speedometer sepeda di motor, cuma itu tadi ga ngerti cara set ring nya, kebetulan tips nya sudah diuji nih, karena ring saya juga 17 dan ban juga ga beda beda amat saya coba dah ring 24″ juga 🙂 thanks a bunch for the tips!!!

      • thanks 😀 soale mau di taruh di fairing RGR, kabelnya dibelitkan selang rem ya, ato make yg wireless aja ya, kalo wireless batere nya dua kan ya? di sensornya dan di meternya ya?

        pake doubletape+ plastic tie bawaannya sudah cukup dipake buat kecepatan motor ato perlu dibuatin dudukan yg dibaut gitu ya bro?

        thanks

        • Ane pake 2 2 nya om… Wireless dan wired… Yang wireless pake batre 2 bener banget… Dan boros om… Dan satu lagi jarak harus maksimal 75cm. Kalo bisa kurang dari itu. Ane dah pake lebih lama. Setahunan deh.
          Kalo yang wired ane baru pake 2 bulan terakhir. Aman batre cuma satu mau dipasang rada jauh ga masalah selama kabel cukup. Bisa dbuat menjuntai atau kalau mau rapih ya bisa dililit ke hose brake… Ane masih pake kabel ties bawaannya om… Ga pake double tapenya malah. Jadi saat sensor ga baca bisa digeser2 lagi…. Kira kira gitu om…

  3. Kecepatan max. D spedo brapa om?? Apa 99km/jam?? Trus kalo le ih dr 99 gmana om??

    Pengen pasang di vixion soale spedometer nya uda eror smua,…heheee

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.